Kamis, 09 Agustus 2018

DIAM-DIAM MENGHANYUTKAN, TERNYATA DAUN SIRSAK BERMANFAAT UNTUK OBAT KANKER

Buah Sirsak yang lebih dikenal masyarakat Indonesia dengan nama nangka Belanda maupun duren Belanda, banyak dimanfaatkan untuk dikonsumsi sebagai minuman penyegar seperti jus buah. Selain buahnya yang bermanfaat, ternyata daun Sirsak juga banyak memiliki manfaat terutama untuk kesehatan tubuh sebagai pencegah atau obat penyakit berbahaya seperti kanker.

Adapun klasifikasi Tanaman Sirsak sebagai berikut:

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Ordo : Magnoliales
Famili : Annonaceae
Genus : Anonna
Spesies : Annona muricata


Gambar 1. Morfologi Daun Sirsak (www.jempolkaki.com)


Berdasarkan morfologinya, tanaman sirsak memiliki daun berwarna hijau muda dan tua dengan panjang 6 – 18 cm, lebar 3 – 7 cm, berbentuk bulat telor, ujung lancip dan ada juga yang tumpul, daun bagian atas mengkilap hijau dan gundul kusam dibagian bawah daun. Daun tanaman sirsak ini memiliki bau yang sangat menyengat dengan tangkai 3 – 10 mm. Sedangkan bunga tanaman sirsak memiliki bunga tunggal dan memiliki berbagai macam putik. Mahkota bungannya berjumlah 6. Buah sirsak memiliki warna hijau kekuningan jika mulai matang dan hijau muda ketika masih muda. Bentuk buah sirsak oval dan juga lonjong dengan struktur kulit berduri kehitaman dan tidak terlalu tajam. Bagian dalam buah lembek berwarna putih dan memiliki biji berwarna kehitaman.


Gambar 2. Morfologi Buah Sirsak (www.media.licdn.com)


Pada daun sirsak memiliki banyak kandungan obat. Selain memiliki kandungan senyawa obat, pada daun sirsak memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa kandungan gizi yang ada pada daun Sirsak antara lain: Lactones (Annohexocina, Annomuricina A-B-C-E, Annomutacina, Annopentocinas A-B-C, Muricoreacina, Gigantetronemina, Murihexocina A-C, Javoricina), Isoquinoline (Anonaine, Anoniine, Atherospermine, Coreximine), Lipid (Asam Gentistic, CLA, Asam Stearat).

Sedangkan manfaat daun Sirsak sebagai obat untuk kesehatan antara lain Antibakteri, Antivirus, Antikanker, Antitumor, Antiparasit, Antimalaria, antileismania, Antispasmodic (zat yang dapat merelaksasikan otot polos, Antikonfulsan, Astrigen (zat yang menciutkan selaput lendir),  Antimutagenik (zat yang menghambat mutasi gen), Analgenik (zat yang mengurangi rasa sakit), Anti-inflamasi (zat yang menekan peradangan), Hipoglikemik (zat yang menurunkan kadar gula darah), Nervin (zat untuk memperkuat syaraf), Kardiodepresan (zat menekan aktifitas jantung), Galactogogue (zat yang dapat meningkatkan produksi ASI), Stomakik (zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan), Vasodilator (zat yang melebarkan pembuluh darah), Vermifuge (zat yang dapat membunuh cacing usus).

Untuk memudahkan dalam mengkonsumsi daun Sirsak, saat ini daun sirsak sudah diolah dalam bentuk kapsul maupun minuman teh. Kedua bentuk olahan daun sirsak ini agar tidak menghilangkan khasiat yang ada, maka harus diolah dengan teknologi yang benar. PT Liza Herbal International sebagai produsen obat herbal telah memanfaatkan daun sirsak tersebut sebagai bahan baku dengan menggunakan teknologi pengeringan suhu rendah sehingga khasiat obat pada tanaman tersebut tidak hilang. Disamping itu proses produksi dilakukan sesuai standar cara produksi obat tradisional yang baik (CPOTB) sesuai standar Badan POM dan Standarisasi HALAL MUI. Khusus untuk daun sirsak, perusahaan kami mengeluarkan produk MY SIRSAK Green Tea (POM TR 163292121) dan MY SIRSAK KAPSUL (POM TR 133372391). Semua obat herbal yang kami produksi ini telah memiliki sertifikat HALAL MUI dan izin edar Badan POM.

 

Gambar 3. Kapsul daun Sirsak Liza Herbal "My Sirsak"



Gambar 4. Herbal Green Tea Daun Sirsak Liza Herbal


Untuk jasa maklon dan Reseller serta pembelian langsung hubungi:
PT. Liza Herbal International
Jl. Arzimar 3 No. 43, Tegalgundil, BOGOR

HP. 081290863289



Belanja Online:


www.shopee.co.id/lizaherbalonlinestore

Tidak ada komentar:

Posting Komentar